Kisah Misteri : Makam Keramat di Indramayu


Indramayu, Jawa Barat memiliki banyak situs berupa makam bersejarah. Terutama berkaitan dengan penyebaran Agama Islam di wilayah Pantai Utara (Pantura). Sebagian dari makam-makam itu, dikeramatkan penduk setempat.

Makam yang tersebar di beberapa kecamatan itu, sebagian terpelihara dengan baik, sebagian masih asli alias belum tersentuh perbaikan. Keberadaan situs itu cukup penting dan perlu diketahui generasi penerus. Oleh karena itu, perlu dilestarikan, antara lain sebagai tempat tujuan wisata.
Warga, terutama pelajar, agar memahami sekaligus lebih menghargai hasil jerih payah generasi pendahulu, tatkala berjihad di jalan Allah SWT melawan kemungkaran.

Guna memperkaya khasanah budaya, generasi penerus tak hanya harus mempelajari silsilah atau garis keturunan dari tokoh penyebar ajaran Islam semata, tetapi memahami perjuangan tokoh penyebar agama Islam tersebut.

Sejarah pengembangan Islam di Indramayu, tak terlepas dengan sejarah pengembangan agama Islam di Cirebon. Sebab wilayah Kabupaten Indramayu ini, sejak zaman dulu menjadi bagian wilayah kekuasaan Sunan Gunungjati. Salah satu Wali Songo, penyebar agama Islam di Jawa.

Tak terbayang, betapa kharismatiknya sosok Sunan Gunungjati atau yang lebih dikenal Syeh Syarief Hidayatullah tersebut dalam mengembangkan ajaran Islam di Jawa. Khususnya di wilayah Kabupaten Indramayu yang kini berpunduduk 1,6 juta jiwa.

Terbukti, banyak sekali makam-makam tokoh penyebar agama Islam di Indramayu, pengikut jejak Syeh Syarief Hidayatullah. Makam-makam itu nyaris tersebar merata di seluruh wilayah desa dan kecamatan.

DIDATANGI PEZIARAH

Sebagian makam-makam penyebar ajaran Islam di Indramayu itu dikeramatkan penduduk. Sehingga banyak didatangi peziarah. Karena banyak dikunjungi peziarah, makam-makam itu secara fisik kondisinya lebih baik. Dibandingkan makam-makam yang dibiarkan terlantar.

Di Indramayu makam-makam yang dikeramatkan penduduk sejak zaman nenek moyang, yaitu makam Buyut Tambi di Desa Tambi, Kecamatan Sliyeg, makam Buyut Sleman di Desa Sleman, Kecamatan Sliyeg, makam Buyut Banjar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang.

Ada lagi makam Buyut Tuban di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, makam Buyut Gentong di Desa Losarang, Kecamatan Losarang, Situs Pedati Kuno di Desa Krangkeng, Kecamatan Krangkeng, makam Habib Keling di Desa Tanjakan, Kecamatan Krangkeng.

Kemudian makam Buyut Sutawijaya di Desa Pekandangan, Kecamatan Indramayu, makam Raden Aria Wiralodra I – VIII yang letaknya tersebar di Kecamatan Indramayu dan Sindang, makam Pangeran Selawe di Desa Dermayu, Kecamatan Sindang.

Serta masih banyak lagi makam-makam buyut lainnya yang letaknya tersebar di lebih dari 100 desa di Kabupaten Indramayu. Keberadaan makam para tokoh penyebar Agama Islam itu menjadi bukti sejarah. Sayangnya tiak semuanya terpelihara dengan baik.

MENINGKAT TAJAM
Peziarah atau pengunjung makam jumlahnya meningkat tajam pada hari-hari tertentu. Misalnya pada malam Jumat Kliwon. Atau malam yang bertepatan dengan hari kelahiran tokoh yang dimakamkan di tempat itu. Makam-makam yang banyak dikunjungi peziarah, baik dari kota-kota di Jawa maupun luar Jawa, biasanya kondisinya lebih terpelihara. Ketimbang makam lain yang kurang dikunjungi peziarah.

Sebab pengunjung yang berziarah ke makam itu tak jarang bersedekah.
Dengan kata lain, pengunjung makam yang bersedekah itu secara tidak langsung, ikut ambil bagian dalam pemeliharaan makam yang dikunjunginya.
Uang sedekah dari peziarah itulah yang oleh pengelola makam, biasanya disebut juru kunci makam, dipergunakan untuk ongkos pemeliharaan. Bahkan untuk pengembangan sarana dan prasarana di sekitar makam.

5 komentar:

  1. Assalamualaikum sedikit berbagi kepada teman-teman siapa tau bermanfaat, Awal mula sy ikut pesugihan, Usaha saya bangkrut karena dililit hutang hingga milyaran rupiah,membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga sutu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti ritual dengan kh.mustamid abbas dan menceritakan sosok kh.mustamid abbas, saya sdh mantap hati karena kesaksian teman saya itu benar2 saya lihat sendiri, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.kyai saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dan alhamdulillah ke esokan harinya saya di tlp oleh pak kyai bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 4Milyar benar2 masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang milyaran bahkan mampu membangun ekonomi saya yg sbelumnya bangkrut,kini saya mempunyai 7 salon kecantikan yang lumayan besar,saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. KH.mustamid abbas, semoga kebaikan beliau digantikan oleh tuhan dan selalu sehat. Jika teman2 ada yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi KH.Mustamid Abbas DI 082311002203

    BalasHapus
  2. Ada 7 tahun saya jadi tki di singapura akhirnya impian saya tercapai untuk pulang ke indonesia,terima kasih MBAH SERO atas bantuannya,saya bisa berkumpul kembali dengan keluarga di kampung,karna melalui jalan togel sekarang saya bisa sukses,ini semua berkat bantuan MBAH SERO yang memberikan angka 4d bocoran singapura,alhamdulillah dapat 250 juta,saya sangat bersyukur kebun orang tua yang dulunya di gadai buat biaya saya untuk berangkat kesingapura,kini sudah saya tebus kembali,tanpa bantuan beliau mungkin belum bisa saya pulang kampung,terima kasih banyak MBAH SERO jasa-jasamu tidak akan saya lupakan,bagi saudarah2 di indonesia maupun di luar negeri butuh bantuan,apalagi yang terlilit hutang silahkan tlpn atau sms di nomor 082 370 357 999 atas nama MBAH SERO,beliau seorang paranormal yang bisa di percaya,karna sudah memberkan hasil,ingat kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali,jadi giliran anda untuk membuktikannya,inilah kisah nyata dari saya ibu irma tki singapura..

    BalasHapus
  3. Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal) ,Silahkan Telfon Mbah Bejo.
    (((PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
    Pengajar: Mbah Bejo.
    Hp. 082_394_035_197.
    Pesantren al-hikmah
    Besuki-situbondo-jawa timur.
    Jika anda mau ritual dirumah tanpa datang kepesantren.
    Syarat -syarat.
    -beli kain putih dan semprot dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan juta.
    —PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
    Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
    -NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN MUSLIM.
    Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang suami/bisa seperti artis idola.
    (( Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih))
    Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam .
    Ini nyata dan terbukti.silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon di :
    082_394_035_197.
    Pengajar:Mbah Bejo.
    Hp. 082_394_035_197.

    BalasHapus
  4. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/bertengkar-dengan-pasangan-lakukan-ini.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/india-hingga-rusia-8-negara-penghasil.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/dapat-protes-film-baru-raffi-ahmad-dan.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus
  5. Yuk Coba Pasang Angka Keberuntunganmu Disini >> Iseng Iseng Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

    BalasHapus